ChatGPT - OpenAI dan Perannya untuk Dunia Pendidikan

KLINIKGURU.com - Selamat beraktivitas rekan pendidik dimanapun kita berada. Di era saat ini, teknologi dan manusia menjadi bagian yang sudah bisa terpisahkan. Bahkan pada setiap aspek kehidupan pemanfaatan teknologi sudah hal biasa, mulai dari smartphone untuk komunikasi, mesin-mesin untuk proses produksi, bahkan dalam kesehatan dan kebutuhan rumah tangga sudah menggunakan teknologi. Dalam dunia pendidikanpun sudah pasti tidak akan lepas dari pemanfaatan teknologi untuk menunjang kegiatan belajar mengajar.

Lebih maju lagi, penggunaan teknologi saat inipun sudah ada yang tanpa memerlukan manusia dibalik proses penggunaanya. Salah satu perkembangannya yakni teknologi AI (Artificial Intelligence) atau kita sebut dengan kecerdasan buatan. Ini merupakan sebuah kecerdasan yang dibuat agar mesin berbasis komputer dapat melakukan pekerjaan seperti manusia bahkan bisa lebih baik dari manusia itu sendiri. Dan saat ini AI menjadi salah satu jawaban dan solusi untuk membantu kehidupan manusia dalam segala aspek termasuk yang akan kita bahas pada artikel kali ini adalah pendidikan.


Buku MULTIMEDIA PEMBELAJARAN - BERBASIS WEBSITE -- Buku pegangan guru untuk pembelajaran dengan pemanfaatan teknologi. Dapatkan segera
Sharing is Caring!



PERAN AI - OPENAI - CHATGPT UNTUK PENDIDIKAN

OpenAI merupakan salah satu perusahaan yang menciptakan kecerdasan buatan yang mana juga salah satu perusahaan dalam naungan Microsoft Corp. Salah satu basis AI yang dibuat oleh OpenAI adalah ChatGPT. Yap, beberapa waktu lalu banyak sekali informasi terkait ChatGPT yang dilatih bisa menirukan percakapan manusia dengan teknologi NLP (Natural Language Processing) dan menjawabnya melalui sebuah prompt berbentuk mirip aplikasi pesan text.

CEO OPENAI dan MENDIKBUDRISTEK (foto:Misrohatun Hasanah)


Beberapa waktu lalu, CEO OpenAI, sekaligus pencipta ChatGPT, Sam Altman berkunjung ke indonesia. Dalam kunjungan ini dia memberikan pemahaman tentang teknologi buatan dan peran ChatGPT dalam dunia pendidikan. Dibalik dunia pendidikan yang sudah harus mengikuti teknologi, ternyata banyak rasa kekhawatiran akan perkembangan teknologi terutama AI yang dirasakan oleh para Guru, mungkin juga bisa rekan pendidik yang saat ini membaca artikel ini. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Mendikbudristek, Nadiem Makarim saat melayangkan pertanyaan kepata CEO OpenAI tersebut mengani peran AI dalam dunia pendidikan.
"Teknologi ini membuat guru-guru ketakutan karena penilaian kuantitas dan kualitas dalam proses belajar mengajar akan tertantang. Memang, pendidikan perlu beradaptasi, tetapi bagaimana tanggapan Anda?" - tanya Nadiem

Mengenai hal tersebut, Sam Altman menjawab pasti dunia pendidikan akan berubah secara drastis. Setiap kali ada perubahan dalam dunia pendidikan, saat itu pula banyak orang merasa khawatir.
"Edukasi tentu akan berubah drastis mengikuti perkembangan teknologi. Itu terjadi beberapa kali dalam sejarah pendidikan." - jawab Sam Altman, pada acara "Conversation with Sam Altman" di KORIKA dan GDP Venture Holet Indonesia, Jakarta Pusat (14/6)
Dia juga menjelaskan dengan kemunculan teknologi AI seperti ChatGPT bisa memiliki peran kemudahan pada murid dalam proses belajar mengajar. Hal ini sama seperti murid atau mahasiswa pada level tertentu yang merasa terbantu dengan kehadiran kalkulator untuk mempercepat perhitungan dan juga mesin pencari Google dalam membantu melakukan pencarian data dan melakukan riset. Lebih lanjut, seharusnya teknologi dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kemampuan, kretivitas dan potensi pada manusia.

Terkhusus teknologi OpenAI, ChatGPT, Sam mengungkapkan teknologi tersebut bisa memengaruhi pengajar disekolah terhadap pengembangan proses berpikir belajar siswa.
"Saat ChatGPT pertama hadir di AS, guru dan sekolah mulai membatasi hal itu. Namun setelahnya, mereka menyadari bahwa itu salah dan akan mengadopsinya dalam proses mengajar" - tutur Sam.

Diakhir acara, CEO OpenAI tersebut menuturkan bahwa penerapan teknologi pada kehidupan manusia adalah salah satu cara membuat kemajuan dan melahirkan kemampuan yang lebih baik.
"Ini merupakan cara manusia mengikuti kemajuan. Kita memberikan alat yang baik dari alat-alat sebelumnya dan berkontribusi dalam infrastruktur sosial dan kemampuan yang lebih baik dari perkiraan kita." - tutup Sam.


Untuk RPP 1 Lembar lainnya bisa telusuri melalui link dibawah :

Mungkin itu sedikit artikel terkait AI dan Tanggapan CEO OpenAI akan teknologinya dalam dunia pendidikan. Banyak hal yang bisa kita pelajari, ada dampak pula dari setiap hal yang baru dalam teknologi. Kita akan bahas lain waktu. Lalu, bagaimana tanggapan rekan akan peran AI untuk pendidikan?? mari diskusikan dibawah dengan tinggalkan jawaban Anda dikolom komentar.

jangan lupa bagikan artikel ini kepada rekan lain, mungkin mereka juga membutuhkan hanya belum tau website downloadnya, agar kita bisa sama-sama belajar dan bertumbuh bersama dalam meningkatkan kualitas pendidikan kedepan. Sharing is Caring!
"Jika ada LINK DOWNLOAD yang error / tidak bisa diakses, tertukar file, atau ada beberapa kesalahan/kekeliruan dalam penyampaian informasi bisa sampaikan melalui komentar dibawah atau melalui email kami di klinikguru@gmail.com untuk segera kami perbaiki. "

Insert code: <i rel="code">Put code here</i> or <i rel="pre">Put code here</i>
Insert image: <i rel="image">Put Url/Link here</i>
Insert title: <b rel="h3">Your title.</b>
Insert blockquote: <b rel="quote">Put text here</b>
Bold font: <b>Put text here</b>
Italics: <i>Put text here</i>

0 Komentar