Serba-Serbi : Beberapa Website Inovatif Penunjang Kreativitas & Inspirasi Guru

KLINIKGURU.com - Halo sahabat pendidik, sehat selalu dimanapun berada. Masih seputar perkembangan teknologi yang sudah sangat maju dan tentunya berguna untuk digunakan dalam kegiatan pendidikan. Jika sebelumnya adalah tools pembelajaran yang bisa digunakan untuk kuis dan soal penilaian lain, kali ini Min-KG lanjut lagi dengan website yang bermanfaat bagi sahabat pendidik untuk mencari inovasi dan sumber daya untuk kebutuhan pembelajaran. Kita tahu, Internet sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari, begitu juga untuk guru, banyak sekali informasi yang bisa didapat untuk meningkatkan kreativitas dalam mengajar dan mengatasi rasa bosan siswa. Pembelajaran yang biasa sudah sangat membosankan, oleh karenanya sebagai guru di era modern ini kita harus bisa memanfaatkan internet atau bahkan memanfaatkan teknologi berbasis AI / Kecerdasan buatan untuk mengatasi hal tersebut. Namun pada artikel ini masih terkait website belum kita bahasa mengenai AI, dan berikut adalah beberapa daftar website yang bisa kita gunakan diantaranya :


TAK ADA SEKOLAH TUK JADI ORANG TUA | Ada banyak persiapan yang perlu dilakukan, baik persiapan fisik, emosi-psikologis, dan terutama persiapan lewat pengetahuan.
Sharing is Caring!


1. Pinterest

    Pinterest adalah sebuah media sosial yang memungkinkan pengguna atau tepatnya guru untuk mencari referensi dan menyimpan gambar-gambar atau ide-ide menarik sebagai bahan ajar nantinya. Guru dapat memanfaatkan Pinterest sebagai sumberdaya untuk mendapatkan ide pendidikan, bisa dengan mengikuti board-board tentang pendidikan tentunya.




2. Padlet

    Padlet adalah platform yang memungkinkan pengguna membuat papan ide atau papan diskusi dalam format digital. Guru dapat menggunakan fitur Padlet untuk memfasilitasi diskusi atau brainstorming dalam kelas. Dengan Padlet, siswa dapat mengemukakan ide-ide mereka dalam format yang menarik dan mudah diakses.




3. Edutopia

    Edutopia adalah website yang dibangun oleh George Lucas Educational Foundation dengan tujuan inspirasi, informasi, dan sumber daya bagi guru maupun pegiat pendidikan. Banyak sumberdaya seperti artikel, video maupun podcast tentang inovasi dalam pendidikan. Selain itu juga memiliki sumber daya yang dapat membantu guru meningkatkan kreativitas dalam mengajar.




4. Classcraft

    Sebuah platform yang menggabungkan unsur-unsur permainan dengan pembelajaran yang tentu bisa dimanfaatkan guru untuk mengurangi kebosanan siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Classcraft memungkinkan guru untuk menciptakan karakter-karakter dalam permainan, dan siswa harus menyelesaikan tugas-tugas pembelajaran untuk mengembangkan karakter mereka dan dengan ini pembelajaran akan jadi lebih menyenangkan dan interaktif.




5. TeachThought

    Hampir sama seperti Edutopia, website yang satu ini juga menyediakan beberapa artikel tentang inovasi dan kreativitas dalam pendidikan. Guru dapat memanfaatkan TeachThought untuk mencari ide-ide baru dalam mengajar, dan memperkaya wawasan tentang pendidikan.




6. TED-ed

    Terakhir adalah sebuah platform pembelajaran yang diselenggarakan oleh organisasi non-profit TED. Platform ini menyediakan berbagai video animasi yang menarik tentang berbagai topik pendidikan. Guru dapat memanfaatkan video-video dari TED-ed sebagai sumber ajar dalam kelas, atau dapat memanfaatkannya untuk menginspirasi siswa.




Nah, melalui website atau platform diatas, kita sebagai guru juga pendidik dapat memperkaya wawasan dan meningkatkan kreativitas dalam mengajar dengan memanfaatkan sumber daya internet. Dengan ini, kita dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan diharapkan tentunya bisa lebih mudah dipahami oleh para siswa. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi teman-teman pendidik semuanya. Kami terbuka untuk kritik dan saran guna perkembangan artikel kami kedepan. Sekian.

jangan lupa bagikan artikel ini kepada rekan lain, agar kita bisa sama-sama belajar dan bertumbuh bersama dalam meningkatkan kualitas pendidikan kedepan. Sharing is Caring!
"Jika ada LINK DOWNLOAD yang error / tidak bisa diakses, tertukar file, atau ada beberapa kesalahan/kekeliruan dalam penyampaian informasi bisa sampaikan melalui komentar dibawah atau melalui email kami di klinikguru@gmail.com untuk segera kami perbaiki. "

Insert code: <i rel="code">Put code here</i> or <i rel="pre">Put code here</i>
Insert image: <i rel="image">Put Url/Link here</i>
Insert title: <b rel="h3">Your title.</b>
Insert blockquote: <b rel="quote">Put text here</b>
Bold font: <b>Put text here</b>
Italics: <i>Put text here</i>

0 Komentar